Minggu, 28 Maret 2010

SPESIFIKASI PROGAM STUDI PENJAS UNJ

SPESIFIKASI PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN JASMANI (S1)




A. Perguruan Tinggi : Universitas Negeri Jakarta

B. Pelaksanaan Proses Pembelajaran :

  • Fakultas : Ilmu Keolahragaan
  • Jurusan : Sosiokinetika


C. Akreditasi
Program Studi Pendidikan Jasmani S1 telah diakreditasi dengan nilai A berdasarkan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 09079/AK-X-S1-012/ikJPWJ/VIII/2006.

D. Gelar Lulusan
Gelar lulusan program studi Pendidikan Jasmani : S.Pd (Sarjana Pendidikan).

E. Nama Program Studi : Pendidikan Jasmani

F. Tanggal Penyusunan : Maret 2009

G. Visi Program Studi
Program Studi Pendidikan Jasmani menjadi pusat pembelajaran, penelitian, pelatihan, pendidikan, dan pengembangan pendidikan jasmani, serta menghasilkan guru pendidikan jasmani yang profesional dalam menghadapi perkembangan IPTEK dan mampu bersaing dalam era globalisasi.

H. Misi Program Studi
Program Studi Pendidikan Jasmani mengembangkan tugas dan fungsi melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka menghasilkan tenaga guru pendidikan jasmani yang profesional pada jenjang Pendidikan Dasar, Menengah, Tinggi, dan Adaptif.


I. Tujuan Pendidikan
Program Studi Pendidikan Jasmani memiliki tujuan untuk:

  1. Menghasilkan guru pendidikan jasmani dengan jenjang S1 yang bertaqwa kepada Tuhan dan berkompeten di bidang pendidikan dasar, menengah dan adaptif.
  2. Menghasilkan tenaga peneliti dan pengelolaan pendidikan jasmani, serta mampu memberikan layanan kepada masyarakat tentang pendidikan jasmani.


J. Kompetensi Lulusan

  1. Pedagogik
    1. Mengenal karakteristik psikis maupun fisik peserta didik.
    2. Mengenal lingkungan peserta didik.
    3. Menguasai berbagai metode yang diperlukan untuk mengajar pendidikan jasmani.
    4. Menguasai cara menyiapkan rencana pelajaran Pendidikan Jasmani.
    5. Mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran gerak dalam Pendidikan Jasmani.
    6. Mampu melakukan evaluasi pembelajaran pendidikan Jasmani.
    7. Mampu memanfaatkan hasil evaluasi untuk perbaikan pembelajaran Pendidikan Jasmani.
    8. Menguasai konsep pedagogi dan psikologi pendidikan untuk mendukung Pendidikan Jasmani.
    9. Menguasai cara mengembangkan kurikulum Pendidikan Jasmani.

  1. Kepribadian
    1. Memiliki apresiasi terhadap pustaka, seni dan budaya dalam rangka pengembangan wawasan dan kecintaan terhadap lingkungan.
    2. Mampu memahami dari sendiri dan orang lain, sehingga dapat belajar memahami dan memberikan apresiasi terhadap orang lain.
    3. Mampu mengembangkan sistem nilai dan kode etik guru.
    4. Memiliki keyakinan yang kuat dan dedikasi terhadap profesi keguruan di bidang Pendidikan Jasmani.
    5. Mampu memahami diri sendiri dan orang lain, sehingga dapat belajar memahami dan memberikan apresiasi terhadap orang lain.
    6. Mampu mengembangkan sistem nilai dan kode etik guru.
    7. Memiliki keyakinan yang kuat dan dedikasi terhadap profesi keguruan di bidang Pendidikan Jasmani.

  1. Profesional
    1. Memahami dasar-dasar Pendidikan Jasmani.
    2. Mampu mengartikulasikan sejarah dan filsafah Pendidikan Jasmani.
    3. Mampu memperagakan berbagai aktivitas Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
    4. Mampu mengidentifikasi dan menginterprestasikn prinsip anatomis, fisiologis dan mekanik gerak.
    5. Mampu mengidentifikasi kelainan fisik dan mental peserta didik.
    6. Menguasai berbagai prinsip perkembangan psikis maupun fisik peserta didik, termasuk perkembangan gerak tubuh.
    7. Mampu melakukan penelitian di bidang Pendidikan Jasmani untuk meningkatkan mutu pembelajaran.
    8. Mengenal aspirasi dan peluang yang dimiliki guru Pendidikan Jasmani.
    9. Mengenal hubungan antara Pendidikan dan Pendidikan Jasmani dengan masalah-masalah sosial dan kehidupan sehari-hari.
    10. Menguasai prosedur layanan pertolongan pertama pada kecelakaan (PPPK) dan pencegahan dan perawatan cidera (PPC).
    11. Menguasai prinsip-prinsip manajemen dan administrasi Pendidikan Jasmani.

  1. Sosial
    1. Memiliki apresiasi terhadap pustaka, seni dan budaya dalam rangka pengembangan wawasan dan kecintaan terhadap alam lingkungan.
    2. Memiliki minat bergabung ke dalam organisasi profesi keguruan di bidang Pendidikan Jasmani.
    3. Mampu berbuat sebagai orang yang mempunyai kompetensi sosial, aktif dan berkonstribusi bagi anggota masyarakat.
    4. Mengenal aspirasi dan peluang yang dimiliki guru Pendidikan Jasmani.
    5. Mampu memberdayakan masyarakat untuk kepentingan Pendidikan Jasmani.
    6. Mampu berkomunikasi dengan lisan dan tulisan secara jelas dan cerdas dalam memberikan layanan Pendidikan.
    7. Mengenal prinsip dasar disiplin akademik yang diperlukan untuk memfasilitasi terjadi interaksi dengan teman sejawat dan anggota masyarakat.
    8. Memiliki minat bergabung ke dalam organisasi profesi dan berkontribusi dalam peningkatan kualitas profesi keguruan di bidang Pendidikan Jasmani.
    9. Mampu berbuat sebagai orang yang mempunyai kompetensi sosial, aktif dan berkontribusi bagi anggota masyarakat.

K. Kurikulum
Dasar penyusunan kurikulum menggunakan acuan Keppmen No. 232/U/2000 tentang penyusunan kurikulum Pendidikan Tinggi dan penilaian hasil belajar mahasiswa serta Keppmen No. 045/U.2002 tentang Kurikulum inti Pendidikan Tinggi. Selain itu penyusunan kurikulum juga didasarkan pada perkembangan ilmu keolahragaan dan stakeholder. Sebaran kurikulum disusun berdasarkan tingkat kompleksitas keilmuan dan tingkat keterampilan, oleh karena itu strategi implementasi kurikulum menggunakan konsep-konsep kependidikan untuk mencapai kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusan.

No

Kelompok

SKS

1.

Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)

14

2.

Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)

78

3.

Kuliah Keahlian Berkarya (MKB)

10

4.

Mata Kuliah Perilaku Berkarya (MPB)

16

5.

Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat (MBB)

12

Jumlah

130



L. Kriteria Kelulusan
Mahasiswa dapat lulus dari Program Studi Pendidikan Jasmani, jika telah menempuh minimal 144 SKS. Tiap semester mahasiswa boleh mengambil mata kuliah dengan beban maksimal 24 SKS. Indeks prestasi semester yang diperoleh mahasiswa menentukan jumlah SKS yang diambil untuk semester berikutnya. Indeks prestasi semester dan kumulatif dihitung berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan universitas.


M. Metode Penilaian
Penilaian mata kuliah dilakukan melalui penilaian proses, penugasan, ujian tengah semester, ujian akhir semester, dan tugas membuat makalah. Sementara pemberian nilai hasil studi mahasiswa didasarkan pada kriteria sebagai berikut:

Tingkat Penguasaan

Nilai

Bobot

Predikat

80-100%

A

4

Sangat Baik

70-79%

B

3

Baik

60-69%

C

2

Cukup

55-58%

D

1

Kurang

<55%

E

0

Tidak Lulus



Pada penyelesaian studi mahasiswa dilakukan melalui beberapa jalur yaitu:

  1. Jalur Skripsi

Syarat-syarat

    • Melengkapi administrasi yang ditentukan oleh institut.
    • Menyelesaikan seluruh mata kuliah yang ditentukan oleh Program studi dengan beban kredit seminar 138 sks ditambah dengan mata kuliah seminar persiapan skripsi 6 sks sehingga minimal 144 SKS.
    • Indeks prestasi kumulatif lebih besar dari 2,5.
    • Memiliki surat puas/kredit point sebanyak 8 buah (sertifikat sebagai atlet, wasit, panitia penyelenggara suatu pertandingan atau seminar olahraga) selama kuliah.
    • Sertifikat komputer program Word dan Excell pada 1 tahun terakhir sampai dengan saat ujian.
    • Memiliki skor TOEFL 400 untuk angkatan tahun 2001-2003 dan skor TOEFL 425 untuk angkatan tahun 2004 dan seterusnya pada 1 tahun terakhir sampai dengan saat ujian.

  1. Jalur Non Skripsi/Komprehensif
    Syarat-syarat :
    • Melengkapi administrasi yang ditentukan oleh institut.
    • Menyelesaikan seluruh mata kuliah yang ditentukan oleh program studi dengan beban kredit semester 144-160 SKS dan ujian non skripsi/komprehensif.
    • Indeks Prestasi Kumulatif di bawah 2,5.
    • Memiliki surat puas/kredit point sebanyak 8 buah (sertifikat sebagai atlet, wasit, panitia penyelenggara suatu pertandingan atau seminar olahraga) selama kuliah.
    • Sertifikat Komputer program Word dan Excel pada tahun 1 tahun terakhir sampai dengan saat ujian.
    • Memiliki skor TOEFL 400 untuk angkatan tahun 2001-2003 dan skor TOEFL 425 untuk angkatan tahun 2004 dan seterusnya pada 1 tahun terakhir sampai dengan saat ujian.


L. Mata Kuliah

NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

Pilih 1 dari

6315-006-3

1.

Biomekanika

3

6215-021-3

2

Kewiraswastaan ****)

3

6115-008-3

3

Kepemudaan

3

6215-006-3

4

Pendidikan Olahraga Rekreatif ****)

3

3

Pilih 1 dari :

6215-007-2

1.

Pengetahuan Kepariwisataan

2

6115-006-2

2.

Supervisi Persiapan Jabatan

2

6315-010-2

3.

Sarana dan Prasarana OR

2

6133-008-2

4.

Media Pembelajaran Penjas ****)

2

6315-004-2

5.

Ilmu Gizi

2

6215-011-2

6.

Kesehatan Mental

2

6133-012-2

7.

Pembelajaran Gerak Dasar

2

2

III. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB))

6115-003-2

1.

Adm. Organisasi Pertandingan

2

6215-003-2

2.

PPCO

2

6315-013-2

3.

Ilmu Lulut

2

6005-207-2

4.

Tes & Evaluasi Pengajaran & Olahraga

2

6215-038-2

5.

Analisis Metode Pembelajaran Penjas.

2

10

IV. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)

6005-204-4

1.

Praktek Keterampilan Mengajar

4

0005-201-2

2.

Metode Penelitian

2

6005-401-4

3.

Seminar Persiapan Skripsi

4

6005-402-6

4.

Skripsi

6

16




NO

SANDI M.K.

MATA KULIAH

SKS

Praktek :

6005-001-2

1.

T & P Atletik I *)

2

6005-002-2

2.

T & P Atletik II **)

2

6005-003-2

3.

T & P Atletik III ***)

2

6005-004-2

4.

T & P Senam Sekolah *)

2

6005-005-2

5.

T & P Senam Irama ***)

2

6005-006-2

6.

T & P Senam Artistik **)

2

6005-007-2

7.

T & P Renang I *)

2

6005-008-2

8.

T & P Renang II **)

2

6005-009-2

9.

T & P Renang III ***)

2

6005-010-2

10.

T & P Permainan Kecil

2

6005-011-2

11.

T & P Bola Basket

2

6005-012-2

12.

T & P Bola Voli

2

6005-013-2

13.

T & P Sepakbola

2

6005-017-2

14.

T & P Bulutangkis

2

6005-020-2

15.

T & P Pencak Silat

2

30

Pilih 2 dari :

6005-014-2

1.

T & P Softball

2

6005-015-2

2.

T & P Hoki

2

6005-016-2

3.

T & P Bola Tangan

2

6005-018-2

4.

T & P Tenis Meja

2

6005-019-2

5.

T & P Tenis

2

6005-032-2

6.

T & P Dayung

2

6005-033-2

7.

T & P Sepaktakraw

2

6005-050-2

8.

T & P Selam

2

6005-051-2

9.

T & P Polo Air

2

4

Pilih 1 dari :

6005-021-2

1.

T & P Tinju

2

6005-022-2

2.

T & P Judo

2

6005-023-2

3.

T & P Gulat

2

6005-024-2

4.

T & P Panahan

2

6005-025-2

5.

T & P Anggar ****)

2

6005-031-2

6.

T & P Taekwondo ****)

2

6005-052-2

7.

T & P Karate ****)

2

2



NO

KODE MK

MATA KULIAH

SKS

Pilih 1 dari

6315-006-3

1.

Biomekanika

3

6215-021-3

2

Kewiraswastaan ****)

3

6115-008-3

3

Kepemudaan

3

6215-006-3

4

Pendidikan Olahraga Rekreatif ****)

3

3

Pilih 1 dari :

6215-007-2

1.

Pengetahuan Kepariwisataan

2

6115-006-2

2.

Supervisi Persiapan Jabatan

2

6315-010-2

3.

Sarana dan Prasarana OR

2

6133-008-2

4.

Media Pembelajaran Penjas ****)

2

6315-004-2

5.

Ilmu Gizi

2

6215-011-2

6.

Kesehatan Mental

2

6133-012-2

7.

Pembelajaran Gerak Dasar

2

2

III. MATA KULIAH KEAHLIAN BERKARYA (MKB))

6115-003-2

1.

Adm. Organisasi Pertandingan

2

6215-003-2

2.

PPCO

2

6315-013-2

3.

Ilmu Lulut

2

6005-207-2

4.

Tes & Evaluasi Pengajaran & Olahraga

2

6215-038-2

5.

Analisis Metode Pembelajaran Penjas.

2

10

IV. MATA KULIAH PERILAKU BERKARYA (MPB)

6005-204-4

1.

Praktek Keterampilan Mengajar

4

0005-201-2

2.

Metode Penelitian

2

6005-401-4

3.

Seminar Persiapan Skripsi

4

6005-402-6

4.

Skripsi

6

16

NO

SANDI M.K.

MATA KULIAH

SKS

V. MATA KULIAH DASAR KEPENDIDIKAN

0005-213-4

1.

Pengantar Ilmu Pendidikan

4

0005-215-2

2.

Psikologi Perkembangan

2

0005-214-4

3.

Teori Belajar dan Pembelajaran

4

0005-212-2

4.

Profesi Kependidikan

2

12

Total SKS

130

Keterangan

*) : Prasyarat mata kuliah **)

**) : Prasyarat mata kuliah ***)

****) : Prioritas mata kuliah pilihan

Program penyetaraan (S1 Alih Program, Kelas Kerjasama) Kurikulum mata kuliahnya berdasarkan akreditasi yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi.